5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes


Takut berolahraga karena punya diabetes? Salah banget. Justru olahraga sangat dianjurkan, apalagi jika Anda punya diabetes. Berolahraga dapat menurunkan kadar gula sekaligus tekanan darah, menambah energi, dan membuat Anda lebih mudah tidur.

Berikut beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk Anda yang mengalami diabetes:

1. Berjalan Kaki

Ada dua keuntungan sekaligus dari berjalan kaki, yaitu olahraga sekaligus mendapatkan udara segar. Berjalan kaki di tempat yang nyaman juga bisa menurunkan stress, lho. Berjalanlah minimal selama 30 menit. Lakukan 3-4 kali dalam seminggu. Rasakan sendiri manfaatnya.

2. Berenang
Berenang disarankan karena dapat melatih otot sekaligus menurunkan risiko cedera akibat benturan keras. Berenang juga memiliki segudang manfaat lain seperti menurunkan kolesterol, membakar kalori, dan menyehatkan jantung.

3. Bersepeda
Anda bisa memilih menggunakan sepeda biasa atau sepeda statis. 30 menit bersepeda selama 3-5 kali dalam seminggu bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan, sekaligus menyehatkan jantung.

4. Latihan Beban
Seminggu dua kali, lakukan latihan beban dengan berat ringan untuk menurunkan kadar gula darah, membentuk otot dan menguatkan tulang. Tak perlu pergi ke pusat kebugaran, Anda juga dapat melakukannya di rumah dengan menggunakan botol berisi air, atau sekedar melakukan push up dan sit up.

5. Yoga
Termasuk ke dalam latihan low-impact yang bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat sekaligus fleksibel. Gerakan, pose, dan konsentrasi pada pernapasan dalam yoga akan membantu menurunkan stress dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Jika sebelumnya Anda jarang berolahraga dan ingin memulainya, lakukan secara bertahap dimulai dari lima sampai 10 menit untuk setiap waktu. Jika perlu konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Sebagai tambahan Anda dapat memanfaatkan suplemen alami yang tepat. Seperti Melabic yang  terbuat gabungan 6 ekstrak bahan alami terbaik. Melabic tak hanya mampu mengendalikan kadar gula tetapi juga menurunakan kadar kolesterol.

Melabic juga tak memiliki efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi. Info lebih lanjut klik di sini.

Bagikan Artikel

Related Posts

Previous
Next Post »