5 Cara alami atasi gangguan kecemasan dan stres


Banyak orang yang berjuang dengan stres dan gangguan kecemasan kronis. Mereka mengalami gejala seperti gugup, tegang, jantung berdetak kencang hingga nyeri di dada.

Dalam beberapa kasus, kondisi kesehatan lain juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan, seperti tiroid yang terlalu aktif. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan?

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang baik untuk menghilangkan rasa cemas. Olahraga juga dpaat membantu mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh situasi yang menekan. Hasil sebuah studi, menunjukkan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan akibat berhenti merokok.

Menulis

Menemukan sebuah cara untuk dapat mengekspresikan kecemasan bisa membuat gangguan ini lebih mudah untuk ditangani. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis dapat membantu seseorang mengatasi gangguan kecemasannya dengan lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa menulis kreatif dapat membantu anak-anak dan remaja dalam mengendalikan rasa cemas di dalam diri mereka.

Aromaterapi


Menghirup aroma dari minyak aromaterapi dapat menenangkan sekaligus membantu Anda meredakan stres dan rasa cemas. Cobalah mulai bereksperimen mencari aroma apa saja yang paling Anda sukai dan paling cocok untuk menenangkan pikiran serta tubuh Anda.

Sebuah penelitian menguji efek aromaterapi lavender pada 67 wanita penderita insomnia berusia 45-55 tahun. Hasil menunjukkan bahwa aromaterapi dapat mengurangi denyut jantung dalam jangka pendek dan membantu mereka meringankan masalah tidur dalam jangka panjang.

Hewan peliharaan

Hewan peliharaan dapat memberikan Anda, rasa cinta, persahabatan hingga dukungan. Penelitian di tahun 2018 menegaskan bahwa hewan peliharaan dapat memberikan manfaat pada orang-orang dengan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk gangguan kecemasan.

Menghabiskan waktu bermain dengan hewan juga dapat mengurangi rasa cemas dan stres yang terkait dengan trauma. Hasil sebuah penelitian di taun 2015 memperlihatkan bahwa merawat dan menghabiskan waktu dengan kuda dapat mengurangi beberapa efek cemas dan stres terkait trauma.

Meditasi

Meditasi dapat membantu mengelola stres dan gangguan kecemasan. Beragam gaya meditasi, termasuk meditasi yang dilakukan selama yoga dapat membantu Anda meringankan masalah ini.

Gunakan alat bantu kesehatan

Agar usaha pengendalian stress lebih efektif, Anda dapat menggunakan alat bantu kesehatan yang dapat mendorong tubuh untuk memproduksi hormon anti stres yang bernama hormon endorphin.

Bahkan hormon bahagia lain selain endorfin seperti serotonin, dofamin, dan oksitosin. Kalung dan gelang kesehatan buatan Hyundai Medical Korea yang terbuat dari serbuk batu giok Korea ini memiliki empat manfaat terapi untuk kesehatan.

Apa sajakah itu? Lihat selengkapnya di sini.

Bagikan Artikel

Related Posts

Previous
Next Post »